15 Manfaat Kesehatan dari Buah Kecapi

Buah kecapi adalah buah yang mudah ditemukan di Indonesia dan negara-negara lain di Asia Tenggara. Bentuknya mirip manggis, tapi kulitnya berwarna kuning. Buah ini bisa dikonsumsi secara langsung atau diolah menjadi selai. Di Filipina, setiap warganya menyukai olahan ini.

 

Apa Manfaatnya untuk Kesehatan?

Kecapi mengandung nutrisi yang punya khasiat anti inflamasi. Buah ini biasanya dipakai untuk mengobati diare & disentri kalau dicampur dengan air ramuan pereda perut kembung dan cuka. Manfaat lain adalah:

  1. Menurunkan kolesterol jahat di tubuh

Kecapi terdiri dari serat larut/pektin. Bersama dengan kolesterol baik, pektin akan mengikat kolesterol jahat di usus dan mencegah lemak diserap ke sistem peredaran darah.

  1. Mencegah diabetes

Kecapi bagus untuk penderita diabetes karena kaya akan serat dan rendah indeks glikemik.

  1. Mencegah kanker

Kandungan antioksidannya membantu mencegah sel kanker.

  1. Mengontrol berat badan

Buah kecapi terdiri dari serat larut & tidak larut. Makanan kaya serat dapat memberikan efek kenyang yang lebih lama. Dengan menurunnya nafsu makan, berat badan bisa lebih terkontrol.

  1. Mencegah wasir

Kandungan vit. C-nya membantu mempromosikan endotel yang sehat pada pembuluh darah. Kandungan seratnya membantu menjaga tinja agar tetap lembut sehingga mudah buang air besar.

  1. Penguat sistem imun

Buah ini mengandung quercetin, yaitu antioksidan yang bisa membantu meningkatkan sistem imun.

  1. Mengobati diare & konstipasi

Kandungan seratnya bisa membantu melancarkan BAB karena serat bisa menarik air dari usus besar dan menyerap kelebihan air dari tinja sehingga tinja tetap lembut.

  1. Menjaga kesehatan gigi

Menggigit & mengunyah kecapi dapat merangsang kelenjar ludah memproduksi air liur lebih banyak dan mengurangi karies gigi dengan menurunkan jumlah bakteri di mulut.

  1. Kesehatan tulang

Mengandung fosfor & kalsium, buah ini membantu menjaga kesehatan serta kepadatan tulang & gigi serta mencegah osteoporosis.

  1. Mencegah anemia

Mengandung vit. C, kecapi bisa membantu usus untuk menyerap zat besi dengan efektif.

  1. Mencegah alzheimer

Rutin minum jus kecapi bisa menurunkan resiko penyakit alzheimer karena kecapi mengandung antioksidan yang tinggi. Antioksidan sendiri mampu melawan proses penuaan otak.

  1. Mencegah penuaan

Kandungan vit. C dan kolagen di dalam buah ini mampu menyembuhkan peradangan ringan yang membuat kulit keriput. Selain itu, vit. C juga bisa mencegah kudis.

  1. Anti alergi

Kandungan asam Sandorinic & asam Bryonotic-nya bagus untuk mencegah & mengobati alergi.

  1. Mengatasi keputihan & infeksi vagina

Kulit & batang kecapi bisa dimanfaatkan untuk mengobati infeksi vagina. Air rebusannya juga bisa untuk mencuci vagina agar terhindar dari keputihan.

  1. Menghilangkan jamur kulit

Kulitnya berfungsi sebagai steroid alami yang bisa mengatasi jamur pada kulit.

 

Resep-resep Buah Kecapi

Selain untuk ramuan kesehatan, buah ini juga bisa diolah untuk berbagai hidangan makanan seperti Ginataang Santol, jus buah kecapi, dll.

By admin