5 Ide Permainan Anak Laki-laki yang Menarik Agar Betah di Rumah Saja

Pembatasan aktifitas di luar rumah saat pandemi memang terkadang membuat anak merasa bosan. “Teman main” anak-anak saat ini hanyalah smartphone. Dimana hal tersebut sangat disayangkan karena anak akan ketergantungan dengan samrtphone. Maka dari itu agar tidak bosan, orang tua bisa mengajak anak bermain permainan anak laki-laki atau perempuan yang menarik.

Anak laki-laki cenderung menyukai permainan yang sifatnya maskulin, tidak memiliki banyak peraturan, dan sedikit menantang. Lalu apa sajakah permainan untuk anak laki-laki? Berikut beberapa ide permainan untuk anak laki-laki di rumah:

  1. Bermain Aneka Jenis Mobil-mobilan

Sebenernya mobil-mobilan juga bisa menjadi mainan edukasi lho. namun disini orang tua harus ikut bermain ya. Misal dengan banyak jenis mobil-mobilan yang dimiliki anak, Anda bisa memintanya menunjukkan atau memainkan mobil pemadam kebakaran, bus, mobil berwarna merah, atau instruksi lainnya.

Hal tersebut bertujuan untuk merangsang otak anak dan mengajarkan tentang warna serta nama-nama mobil. Atau jika anak sangat aktif, orang tua bisa mengajaknya bermain mobil-mobilan dengan remote control.

  1. Bermain Mainan Peralatan Bengkel atau Perbaikan

Buat si kecil yang “tangannya aktif” dan menyukai masalah perbaikan atau bengkel, Anda bisa memberikan peralatan bengkel mainan. Saat ini banyak sekali mainan peralatan bengkel atau alat untuk perbaikan rumah seperti palu, gunting, dan lain-lain.

  1. Bermain Permainan Olahraga

Ide permainan anak laki-laki yang sangat aktif dan cenderung sulit jika harus diam atau duduk, orang tua bisa mengajaknya berolahraga di rumah atau halaman rumah. Misal bermain memasukkan bola ke ring basket mainan, atau menggiring bola ke gawang mainan, dan masih banyak lagi.

Permainan olahraga ini berfungsi untuk meningkatkan kemampuan berfikir anak dan membuat tubuh anak semakin sehat. Selain itu, mood anak juga akan lebih baik.

  1. Mencoba Corat-coret

Jika anak sering corat-coret tembok rumah, Anda bisa mengarahkannya untuk corat-coret kertas. Orang tua bisa meberikan dulu contoh agar kegiatan corat-coretnya lebih terarah. Misal tuntun anak menulis huruf atau menggambar apa yang disukai anak. Jika orang tua kurang bisa menggambar, Anda bisa membelikan stiker atau contoh gambar lainnya.

  1. Bermain Menyusun Lego Warna-Warni

Sebenarnya tidak hanya untuk laki-laki saja, bermain lego juga disukai anak perempuan. Hanya hasil dari keduanya tentu akan berbeda. Pada anak laki-laki akan lebih suka menyusun lego membentuk mobil-mobilan atau gedung. Disini orang tua bisa mengarahkan anak untuk mengetes kemampuan mengenali warna dan bentuk.

Ide permainan anak laki-laki sebenarnya sangatlah banyak. Bagi orang tua yang tidak bisa keluar rumah membelikan beragam mainan,  Anda bisa mencobany mengajak si kecil bermain dengan barang-barang yang ada di rumah. Di sinilah peran kreatifitas orang tua. Jadi tidak alasan anak tidak bisa bermain ya bunda. Semangat!

By admin