7 Cara Mudah Menggunakan Mesin Kopi

Minum kopi setiap hari bagi sebagian orang adalah kebutuhan. Namun, jika terus-menerus pergi ke kedai kopi hanya untuk membeli secangkir kopi rasanya akan sangat memboroskan. Sebagai alternatif, Anda bisa membeli mesin kopi sendiri, agar bisa menikmati kopi setiap saat. Lantas, bagaimana cara menggunakan alat tersebut? Berikut ini langkah-langkahnya.

1. Cuci dan Keringkan Mesin Kopi

Sebelum Anda menggunakan mesin pembuat kopi yang Anda miliki, pastikan alat tersebut bersih sebelum digunakan. Anda bisa membersihkannya dari kotoran atau debu yang menempel pada alat tersebut. Sebab, alat yang kotor bisa mempengaruhi rasa dari kopi yang dihasilkan. Perlu diingat juga, pastikan alat tersebut kering terlebih dahulu setelah dicuci atau dibersihkan.

2. Pasang Penyaring Kopi

Beberapa mesin pembuat kopi memang sudah dilengkapi filter yang berguna untuk menyaring ampas kopi. Namun, ada juga alat yang harus dipasang filter secara manual. Jika Anda menginginkan hasil seduhan kopi terbaik. Sebaiknya menggunakan penyaring kertas alami atau yang bermerek.

Jika Anda menggunakan alat yang sudah dilengkapi fitur filter. Anda bisa melewati langkah ini. Selain praktis, mesin yang sudah dilengkapi filter ini juga lebih ramah lingkungan. Karena tidak menggunakan kertas.

3. Tuangkan Kopi

Langkah berikutnya yang harus Anda lakukan adalah menuangkan kopi yang Anda sukai. Perlu diingat bahwa kombinasinya berbeda-beda antara jenis kopi satu dengan yang lainnya. Untuk menemukan racikan yang pas, Anda bisa melihat petunjuk yang ada pada kemasan kopi tersebut. Kopi yang sudah Anda takar tersebut dimasukkan ke wadah kopi yang sudah dilapisi penyaring.

4. Tuangkan Air

Salah satu hal yang menentukan rasa kopi adalah perbandingan air yang digunakan. Anda bisa menggunakan baris pengukur yang ada pada mesin pembuat kopi untuk mempermudah mengetahui berapa volume air yang akan digunakan.

5. Nyalakan Mesin

Sambungkan mesin ke sumber listrik terdekat untuk mengaktifkannya. Sebagian besar mesin otomatis akan langsung meracik kopi secara langsung. Akan tetapi, ada juga beberapa mesin yang memerlukan pengaturan waktu secara manual. Untuk mengetahui berapa waktu ideal yang harus digunakan, Anda bisa membaca instruksi yang ada di buku manual.

6. Tunggu Kopi Tercampur

Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menunggu hingga ekstrak kopi tercampur di teko. Tunggu hingga tercampur merata. Sebagai tambahan, ada alat yang dilengkapi dengan tombol “pause” yang bisa Anda tekan untuk menghentikan prosesnya secara manual.

7. Singkirkan penyaring Kopi

Jika ekstrak kopi sudah tercampur dengan merata. Singkirkan penyaring kertas beserta ampas kopi yang berada di dalamnya. Jika hal ini terlambat Anda lakukan, akan membuat citarasa kopi lebih pahit. Namun, jika Anda menggunakan mesin yang sudah dilengkapi filter, Anda hanya perlu membuang ampas kopi di tempat sampah dan membersihkan filternya saja.

Setelah ketujuh proses membuat kopi di atas Anda lakukan dengan benar, Anda hanya perlu menuangkan hasil ekstrak ke cangkir kopi yang Anda miliki. Perlu diingat untuk selalu membersihkan mesin kopi setelah menggunakannya, agar alat yang Anda miliki bisa bertahan lebih lama.

 

By admin