Apa Saja Jenis Penyakit Maag yang Wajib Diketahui

Penyakit yang menyerang organ lambung paling sering diderita adalah maag. Terjadinya peradangan karena luka pada dinding lambung bisa menyebabkan rasa sakit perut hingga gejala khas lainnya. Jika sudah begini, maka penderita harus mendatangi dokter untuk mendapatkan pengobatan terbaik. Setelah itu, hindari hal-hal yang membuat sakit semakin parah.

Jenis Penyakit Maag

Radang lambung sering dikaitkan dengan pola makan tidak teratur dan tidak sehat. Selain itu, gaya hidup serta pengelolaan stress juga jadi faktor lainnya. Apabila Anda sudah mempunyai diagnosa atau riwayat maag, harus mengetahui jenis-jenisnya. Dengan begitu, bisa lebih menjaga pola hidup lebih sehat serta menghindari pemicu memperparah lain.

1. Tingkat Ringan

Jenis sakit maag pertama adalah ringan. Sama seperti namanya, pada tahapan ini gejala yang muncul tidak berat serta bisa segera ditangani dengan pertolongan awal. Biasanya terjadi akibat asam lambung naik karena telat makan atau konsumsi makanan terlalu pedas, asam atau kecut, dan lainnya. Dengan pemeriksaan semenjak dini, maka bisa segera sembuh.

2. Tingkat Sedang

Tingkatan setelah ringan adalah sedang dimana rasa sakit atau gejala yang muncul semakin naik levelnya. Penderita biasanya akan merasakan sakit perut, nyeri dada, sensasi terbakar pada ulu hati serta rasa mual dan sendawa. Gangguan tersebut tentu akan memberikan rasa tidak nyaman sehingga perlu pemeriksaan ke dokter dengan pemberian obat-obatan atau menjaga kesehatan.

3. Tingkat Parah atau Kronis

Jika sakit maag terus dibiarkan tanpa obat maupun menerapkan pola hidup lebih sehat, dapat membawa Anda ke level tinggi, yakni kronis. Pada tahapan ini, kondisinya bisa sangat parah sehingga rasa sakit yang muncul atau gejalanya lebih sering serta semakin terasa sakit. Pada tingkat tersebut, biasanya terjadi inflamasi pada lambung sehingga butuh pengobatan lanjutan.

4. Tingkat Akut

Sakit yang sudah akut ditandai adanya mikroorganisme dalam tubuh. Dengan begitu, sering merasakan panas, nyeri, dan bengkak pada organ lambung. Selain itu, kondisi ini tidak diketahui penyebab pastinya, namun bisa saja terjadi karena kondisi maag ringan yang tidak ditangani secara baik menyebabkan kondisi semakin parah.

5. Kanker Lambung

Kanker lambung terjadi karena adanya mikroorganisme bernama Helicobacter Pylori yang menyerang lambung. Keberadaannya ditandai dengan berbagai hal, seperti selalu merasa perut penuh meskipun hanya makan sedikit, mual, nyeri dada, sensasi terbakar, dan gangguan pada pencernaan. Akibat tukak lambung yang terluka, membuat bakteri tersebut datang menginfeksi lebih mudah.

Itu dia ulasan mengenai jenis dari penyakit maag. Anda harus mengenalnya sejak dini sebagai langkah pengobatan dan pencegahan. Dengan menjaga kesehatan tubuh serta pola hidup tidak stres, membuat resiko semakin mengecil. Dapatkan informasi seputar kesehatan hingga solusi parenting di orami.co.id. Anda juga dapat belanja kebutuhan rumah di sana.

By admin