Contoh Laporan Keuangan Laba Rugi

Laporan laba rugi adalah laporan keuangan untuk perusahaan yang dibuat oleh bidang keuangan profesional. Selain pengeluaran perusahaan, laporan ini juga mencakup laba rugi yang biasanya dibuat untuk menunjukkan posisi keuangan perusahaan selama periode waktu tertentu di mana laporan keuangan ini dapat digunakan untuk memberi tahu manajer tentang posisi keuangan perusahaan saat ini. Contoh laporan keuangan biasanya terlihat lebih sederhana dbandingkan laporan yang nyata.

Pentingnya Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi dapat digunakan sebagai dasar untuk mengevaluasi langkah-langkah kebijakan selanjutnya. Laporan keuangan komprehensif ini disiapkan oleh karyawan keuangan dan akuntan perusahaan dan akan berfungsi sebagai alat utama untuk evaluasi kebijakan untuk saat ini. Tentu saja, jika Anda salah memasukkan angka maka akan berdampak pada masa depan perusahaan bahkan dapat berdampak pada kerugian.

Fungsi Laporan Laba Rugi

  1. Bahan Evaluasi Keuangan

Pembuatan laporan keuangan perusahaan sangatlah penting dan laporan keuangan termasuk pendukung perusahaan. Tanpa laporan keuangan, perusahaan akan kesulitan melakukan pertimbangan dan evaluasi rencana dan keuangan. Maka dari itu sangat penting untuk membuat laporan keuangan dan laporan laba rugi nantinya digunakan sebagai bahan evaluasi keuangan apakah mengalami kerugian atau kenaikan laba bersih.

  1. Mengetahui Perkembangan Perusahaan

Perusahaan tumbuh dan mencerminkan situasi ekonomi. Jika laba rugi melebihi defisit, masa depan perusahaan pasti akan membaik. Apalagi saat alat produksi dan staf bertambah. Oleh karena itu, untuk mengetahui pertumbuhan suatu perusahaan, manajemen perlu mengetahui informasi mengenai keuntungan atau kerugian perusahaan. Hal ini menciptakan laporan laba rugi yang dapat digunakan sebagai acuan untuk pertumbuhan dan sebaliknya.

  1. Menetapkan dan Mengevaluasi Kebijakan

Dengan adanya laporan laba rugi akan membantu perusahaan untuk lebih mudah mengevaluasi kebijakan lama dan menetapkan kebijakan yang dianggap lebih menguntungkan. Perusahaan mengalami kerugian mungkin ada kesalahan strategi dan kebijakan yang ada sehingga harus diubah.

Contoh laporan keuangan perusahaan bisa dilihat langsung dari IDX untuk melihat perusahaan yang sudah IPO sehingga bisa mempelajari laporan keuangan yang kompleks. Namun untuk UMKM, laporan keuangan biasanya lebih sederhana dan bisa dibuat menggunakan aplikasi Moodah dengan beragam fitur seperti pencatatan arus kas, perhitungan utang dan piutang, persediaan, dll.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *