Manfaat Probiotik Bagi Kesehatan Manusia

Sebenarnya apa sih manfaat probiotik bagi kesehatan manusia? Beda dengan bakteri yang dapat menimbulkan penyakit, probiotik merupakan mikroorganisme hidup yang mendukung sistem pencernaan manusia supaya dapat bekerja optimal.

Probiotik dapat dikonsumsi melalui makanan yang telah difermentasikan atau berbagai suplemen makanan. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa keseimbangan dan ketidakseimbangan bakteri pada sistem pencernaan berkaitan dengan kesehatan dan penyakit manusia.

Setelah tahu itu, apa sih manfaat dari probiotik bagi kesehatan manusia? Bagi yang penasaran, silahkan cek daftar berikut :

1. Probiotik menyeimbangkan bakteri baik pada sistem pencernaan

Dilansir Health Line, probiotik adalah bakteri “baik” atau bakteri yang tidak merugikan tubuh manusia. Probiotik menjadi mikroorganisme hidup yang memberi berbagai manfaat bagi kesehatan ketika dikonsumsi.

Manfaat tersebut diduga dari kemampuan probiotik yang bisa mengembalikan keseimbangan alami bakteri pada usus manusia. Ketidakseimbangan yang dimaksud di sini adalah banyaknya bakteri jahat di sistem pencernaan.

Hal tersebut disebabkan karena penyakit, efek samping obat yang dikonsumsi hingga pola makan yang tidak seimbang. Probiotik banyak ditemukan di makanan fermentasi atau makanan suplemen.

2. Probiotik mencegah dan mengatasi masalah diare

Probiotik sudah dikenal luas karena memiliki kemampuan untuk mencegah diare dan mengatasi diare. Diare merupakan efek samping pemakaian antibiotik yang berlebihan.

Hal tersebut terjadi karena antibiotik berdampak buruk bagi pada keseimbangan bakteri di dalam usus. Dalam berbagai penelitian, peneliti telah menemukan bahwa mengkonsumsi probiotik dapat mengurangi diare karena antibiotik hingga 42 persen.

Probiotik dilaporkan bisa membantu mengatasi diare lain yang tidak ada kaitannya dengan antibiotik.

Dari 35 penelitian yang sudah dilakukan menemukan, probiotik bisa mengurangi diare menular hingga 25 jam. Probiotik juga dilaporkan bisa mengurangi travelers’ diarrhea hingga 8 persen.

3. Menambah kesehatan mental

Tidak sedikit penelitian yang ingin tahu hubungan kesehatan usus dengan suasana hati serta kesehatan mental. Penelitian yang ditujukan pada hewan dan manusia menunjukkan bahwa suplemen probiotik biaa memperbaiki gangguan kesehatan mental dengan baik.

Contohnya, studi yang melibatkan 70 pekerja dalam waktu 6 minggu. Saat itu, partisipan mengonsumsi 100 gram yogurt probiotik setiap hari. Hasilnya mereka mengalami manfaat kesehatan umum, stress, depresi dan kecemasan.

Dilaporkan, mengkonsumsi suplemen probiotik 8 minggu juga bisa menurunkan tingkat depresi serta mengurangi kadar protein C-reaktif serta hormon insulin. Jadi, masih ragu konsumsi probiotik?

4. Menjaga kesehatan jantung

Probiotik membantu kesehatan jantung dengan mengurangi kandungan kolesterol jahat (LDL) serta tekanan darah pada tubuh. Bakteri tersebut dipercaya bisa mengurangi kolesterol dengan memecahkan empedu.

Saat empedu dipecah, probiotik bisa mencegahnya terserap kembali ke dalam usus. Dimana dapat masuk ke darah dan menjadi kolesterol. Penelitian menyebutkan bahwa makan yogurt probiotik 2-8 minggu bisa mengurangi kolesterol hingga 4 persen dan kolesterol LDL hingga 5 persen.

By admin