Saus Tiram sebagai Salah Satu Bumbu Penyedap Rasa

Ketika memasak, sudah pasti ada berbagai bumbu yang digunakan untuk membuat rasa menjadi semakin nikmat dan lezat. Beberapa bumbu pelengkap masakan biasanya seperti saus kecap hingga saus tiram yang lazim dipakai untuk tumisan. Ternyata, saus tiram menjadi salah satu bumbu penyedap rasa yang membuat makanan menjadi nikmat.

1. Pembuatan Saus Tiram

Seperti yang sudah diketahui, saus tiram merupakan salah satu saus yang berwarna hitam dan memiliki kekentalan cukup tinggi. Saus ini terlihat seperti sirup karena warnanya dan kekentalannya yang mirip seperti sirup. Cita rasa utama yang dihadirkan saus tiram yaitu sedikit manis dan juga rasa asin yang kaya sehingga cocok sebagai penyedap rasa.

Ternyata, saus tiram memang terbuat dari tiram (sejenis kerang) yang kemudian diambil ekstraknya dan diberi tambahan gula. Saus ini memiliki cita rasa yang kaya ditambah dengan rasa laut yang kuat yang didapatkan dari tiram sebagai bahan bakunya.

2. Penggunaan Saus Tiram

Saus tiram kerap dipakai dalam berbagai olahan meskipun di Indonesia lebih sering menjadi bumbu di dalam tumisan. Ketika digunakan, saus tiram cocok untuk dicampurkan dengan saus lain dan mampu menambahkan cita rasa ke dalam masakan. Saus tiram juga pas untuk dipakai sebagai cocolan berbagai gorengan ataupun olahan rebusan tertentu.

Di sebuah masakan, saus tiram menjadi penyedap rasa yang keberadaannya sama sekali tidak mengganggu bahan bumbu utama. Saus tiram sendiri akan menyeimbangkan rasa yang dihadirkan di dalam sebuah masakan, tidak terlalu asin dan pas. Selain itu, saus tiram akan membuat masakan menjadi lebih mengkilap sehingga sering dipakai untuk marinasi barbeque.

3. Rasa Saus Tiram

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, saus tiram merupakan penyedap masakan yang cita rasanya paling unik dibandingkan bumbu lain. Saus tiram mampu menghadirkan umami dari laut yang dipadukan bersama dengan rasa asin manis yang pas.

Rasa asin yang ada pada saus tiram berasal dari tiram yang memang didapatkan dari laut secara langsung, asinnya terasa lebih kaya. Rasa manis dari karamelisasi gula juga semakin memperkaya cita rasa dari saus tiram itu sendiri.

4. Nutrisi Saus Tiram

Selayaknya sebuah bahan masakan, terdapat kandungan nutrisi di dalam saus tiram sendiri, yang paling penting yaitu rendah kalori. Saus tiram cocok digunakan meskipun oleh orang yang sedang diet karena memang tidak akan menyebabkan kegemukan.

Kandungan di dalam saus tiram juga tergolong sangat rendah disertai dengan tidak ada kandungan kolesterol. Sayangnya, saus tiram tidak begitu mengandung vitamin dan mineral tetapi hal ini bisa tergantikan dengan nutrisi dalam makanan utama.

Keberadaan saus tiram sebagai bumbu penyedap rasa sangat penting di dalam dunia kuliner karena kemampuannya memberikan cita rasa khas. Bumbu satu ini akan memperkuat cita rasa laut dari sebuah masakan dan semakin memperkuat rasa asli dari olahan tersebut.

By admin